Minggu, 03 Januari 2016

Peduli Alam, Peduli Pendidikan

Rp 35.000

Penulis: Retno Utami
ISBN: 978-602-1203-89-7
Sinopsis:
Pengalaman sebagai guru Bahasa dan Sastra Indonesia menjadi ide penulisan yang tak pernah habis dieksplorasi. Secara nyata, setiap hari saya menghadapi anak didik, dunia sekolah, dan berada dalam sistem pendidikan Indonesia. Ide, renungan, harapan, dan cita-cita mulia seorang guru, tergambar dalam 8 artikel bertema pendidikan. Alam juga menjadi tema yang sangat menarik untuk dijadikan bahan penulisan. 
Dalam artikel “Peduli Pendidikan”, kita diajak untuk mengenali bakat dan kecerdasan anak yang sesungguhnya sehingga tidak salah arah. Sebagai guru Bahasa Indonesia, seharusnya mempunyai kompetensi professional yang diuji dalam UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia). Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) adalah sebuah lembaga pendidikan yang telah menghasilkan anak didik yang handal dalam berbagai bidang, juga merupakan sekolah yang mempunyai SDM guru yang professional dan penuh dedikasi. Hal ini akan tergambar dalam beberapa artikel tentang YPK dan profil guru-gurunya. 
Ada 6 artikel bertema alam. Sesungguhnya, manusia itu sendiri merupakan bagian dari alam. Hidup dengan memanfaatkan alam sekitarnya. Dengan demikian, sudah seharusnya kepedulian kita terhadap alam tidak bisa tidak. Secara pribadi—walaupun saya tak bersentuhan langsung dengan alam—saya sangat peduli. Hanya dengan tulisan, maka saya sedikit berbuat untuk peduli pada kelestarian alam ini.
Kepedulian saya tentang kelestarian alam, tergambar dalam artikel tentang sekolah alam, betapa pentingnya seorang Jagawana, dan mengajak perusahaan besar seperti PT Pupuk Kaltim untuk berkontribusi dalam pariwisata alam di Kota Bontang.
Setelah Anda membaca artikel ini, semoga semangat untuk peduli pada dunia pendidikan dan dunia alam sebagai membara, karena sesungguhnya dua dunia ini tak dapat dipisahkan.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar